Wednesday, March 13, 2013

Live The Life You Can Afford

Judul di atas mengutip judul blog salah satu kawan gue, mengingat kondisi keungan belakangan ini agak seret-seret gimana gitu.

Berdasarkan tulisan kawan gue, di usia 20an tahun ini harusnya kita udah ga bergantung, secara ekonomi, pada ortu kita. Dan hiduplah sesuai dengan pendapatan kita, bukan malah hura-hura dari kreditan doank.

Gue, pada dasarnya ga suka soal kredit-kreditan. Tapi, berhubung cc gue lagi adain promo point 3x lipat tiap belanja di hari kemenangan MU, i guess bisa buat ditukerin annual fee tahun depan. Dan utang gue pake cc bukannya yg gede-gede. Hanya sebatas belanja dan makan.

Bagi gue, lebih enak bayar lunas daripada ngutang. Maka saat gue menginginkan sesuatu yg mana bagi gue mahal, gue akan nyicil dulu bayar di muka alias nabung di sebuah celengan. Lucunya adalah saat semua duit itu terkumpul, gue ga jadi beli thu barang karena rasanya sayang duit udah cape2 gue kumpulin sekian lama kog buat beli gituan.

Di usia 20an ini, gue sangat bersyukur di mana gue dapat kerjaan yg walaupun bikin emosi jiwa, tapi sometimes gue cuma perlu hadir dan gaji gue tetep masuk secara rutin. Dan lagi, I have a great MOM yg bersedia bangun pagi2 masakin gue bekal (hemat 10000 per hari). And a super DAD yang selalu antar jemput gue ke halte busway. (hemat 4000 per hari). Dan bisa dibilang gue ga pernah beli barang yang mahalnya kebangetan dan ternyata useless. Maksud gue adalah terdapat beberapa fase saat gue ingin membeli suatu barang.


  1. Gue liat, suka. Gue bookmark (bisa di inet, bisa di otak).
  2. Gue liat lagi. Bagus kalau ternyata tuh barang udah sold out.
  3. Kalau ternyata masih ada, gue pertimbangkan, jangka guna tuh barang.
  4. Kalau ga terlalu guna, delete bookmark.
  5. Kalau guna, gue cari alternatif lain lebih murah dengan kualitas di atas kalau bisa.
  6. Kalau udah oke, gue beli.


See? Susah bener kalau jalan ke mall sama gue. Gue aja benci banget sama diri sendiri kalau lagi belanja. Jadi, gue ga pernah berhasil kalau misal dadakan ada party, dan gue mesti dapat baju hari itu juga, gue jamin tu baju cuma dipake sekali doank. Tapi kadang, ada bbrp hal yg gue liat lgsg jatuh hati dan itu ga bs diganggu gugat. Dan biasanya hal itu ternyata ga guna. Let me say, Hello Kitty stuffs.

Tindakan gue itu mungkin juga bisa dibilang pelit, bisa dibilang irit, bisa dibilang stress. Soalnya gue tau dapat duit itu ga gampang. Dari kecil gue melihat sulitnya dapet duit, dari SMP gue ngerasain sulitnya dapet duit, dan saat sekarang gue ngerasa sulitnya ngeluarin duit. Ternyata banyak kebutuhan tak terhindarkan dalam hidup ini, dan ga kecil nilainya.

Kadang gue sempet iri dengan orang-orang yang ga usah susah-susah, but they can afford almost everything. Eat what they like, dress beautifully, new gadgets, etc. Tapi sekarang gue cukup bangga dengan diri gue, karena gue mendapatkan apa yg gue punya dengan hasil kerja gue sendiri, bukan sumbangan orang lain, bukan dari orang tua, bukan dari lain-lain, tapi murni gue sendiri. Walau ga se-wah punya orang, tapi toh gue tetep bisa hidup.

Next targets sudah gue angan-angankan, tinggal menunggu waktu sambil terus menimbun modal :)

Sekarang gue udah mau 24 tahun. Which is, bagi gue, udah saatnya gue nyicil pulangin modal ortu selama 24 tahun ini gedein gue. Well, gue juga bukannya anak yang rajin nyetor sebagian gaji gue ke ortu. Tapi ada berbagai cara lain selain uang, kan?

No comments:

Post a Comment